Monday, October 24, 2011

Marco Simoncelli Tewas di GP Malaysia

Kuala Lumpur - Pembalap MotoGP asal Italia, Marco Simoncelli, meninggal dunia setelah kecelakaan hebat di GP Malaysia hari Minggu siang kemarin (23/10/2011). Mengingatkan kita kembali bahwa adu pacu kecepatan ini penuh dengan bahaya.

Simoncelli menghembuskan nafas terakhirnya pada 4.56 sore waktu Malaysia di SIC (Sepang International Circuit) medical center. Usai bertabrakan dengan Colin Edwards dan Valentino Rossi saat balapan baru berjalan dua lap.

Marco Simoncelli
Dokter mengungkapkan bahwa penyebab kematian pembalap berambut kribo itu adalah cedera yang didapatnya pada kepala, leher dan dada meski sempat diberikan CPR di ambulans.

Chairman Sirkuit Sepang, Datuk Mokhzani Mahathir juga ikut mengungkapkan kesedihannya atas kerjadian tragis tersebut sekaligus mengucapkan bela sungkawa pada keluarga Simoncelli.

"Anda tidak pernah menjamin keamanan akan 100 aman di segala olahraga otomotif," ujar Mokhzani seperti yang dikutip Bernama.com.

"Bahaya selalu mengancam anda dalam balapan. Secara profesional, mereka sadar kalau MotoGP itu berbahaya. Percaya atau tidak, ini adalah alasan mengapa mereka hidup," paparnya.

"Kami mengucapkan bela sungkawa pada Marco. Dia akan sangat kami rindukan," tukasnya.

Federasi motor balap internasional (FIM) juga tidak lupa mengungkapkan duka citanya. "Semua yang terlibat MotoGP mengungkapkan duka citanya yang paling dalam kepada keluarga Marco, kerabat dan tim pada kehilangan yang tragis ini," ujar FIM pada situs resminya.

Simoncelli memulai karir membalapnya pada tahun 2002 di kelas 125cc sebelum pindah ke kelas 250cc di 2006, sebelum menjadi juara pada 2008.

Pada 2010, dia memulai karirnya di MotoGP dan menyelesaikan musim lalu diperingkat delapan dan tahun ini, sejaun ini 'Super Sic' berada diperingkat enam dengan 139 poin.

Meninggalnya Simoncelli di kelas MotoGP adalah yang pertama sejak 2003, dimana pembalap Honda asal Jepang Daijiro Kato meninggal di GP Jepang.