Sunday, January 15, 2012

Hasil Goal Mitra Kutai Kartanegara 3 vs 0 Persib 14-1-2012 ISL

Rekor tak terkalahkan Persib Bandung akhirnya tumbang di pertandingan ketujuh Superliga Indonesia di kandang Mitra Kukar.

Hasil Goal Mitra Kutai Kartanegara 3 vs 0 Persib 14-1-2012 ISL
Mitra Kukar menjadi tim pertama yang mengalahkan Persib di Superliga Indonesia musim ini dengan skor meyakinkan 3-0, Sabtu (14/1).

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Mitra sempat direpotkan inisiatif Persib yang berani melakukan serangan. Peluang pertama diperoleh Aliyudin yang terlepas di rusuk kanan pertahanan tuan rumah. Tanpa pengawalan berarti, Aliyudin melepaskan tembakan kaki kiri yang menerpa mistar gawang Joice Sorongan.

Tetapi, itulah peluang terbaik yang didapat Persib pada babak pertama. Pada akhir babak pertama, Hariono sempat lolos dan tembakannya diblok Joice meski sudah berhadapan langsung.

Mitra mengandalkan bola-bola panjang. Marcus Bent lebih banyak bergerak dari lini kedua, sedangkan serangan dikendalikan oleh Nemanja Obric dan Lee Saong-min. Kesulitan memperoleh peluang bersih, Mitra mencoba melepaskan tembakan jarak jauh.

Hasilnya, dua peluang beruntun diperoleh. Sebuah tendangan Obric pada menit ke-41mampu dihalau Jendri Pitoy. Dari situasi tendangan penjuru yang dihasilkan, Ahmad Bustomi melepaskan tembakan kaki kiri mendatar. Lagi-lagi bola dapat diselamatkan Jendri. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Tidak ada pergantian pemain yang dilakukan kedua pelatih usai jeda. Tak mau mengulangi penampilan di awal pertandingan, Mitra langsung menggebrak. Ketika Persib belum siap menata permainan, tuan rumah mendahului dengan gol pembuka.

Pelanggaran Abanda Herman terhadap Isnan Ali berbuah tendangan bebas dari jarak 25 meter dari gawang Jendri. Dengan jeli Obric melepaskan tembakan di sela-sela pagar betis pemain Persib untuk menaklukkan Jendri. Gol itu juga berbuah kartu kuning kepada Obric karena merayakan dengan melepas kausnya.

Persib berupaya bangkit. Striker baru asal Kamerun, Moses Sakyi, dimasukkan menggantikan Airlangga Sucipto. Tambahan kekuatan lini depan hampir berbuah gol balasan. Menit 70, Muhammad Ilham terlepas menerima umpan terobosan Milijan Radovic. Namun, secara kontroversial asisten wasit mengangkat bendera tanda terjadi off-side. Dari tayangan ulang pertandingan terlihat Ilham bukan orang terakhir di garis pertahanan Mitra.

Belum lepas dari keterkejutan itu, gawang Persib kembali bobol. Dua menit berselang, umpan lambung Bustomi dari sayap kiri disambut Bent yang memenangi duel dengan Jendri. Gol diprotes para pemain Persib karena mengira Bent lebih dahulu melakukan pelanggaran. Tak kurang dari pelatih Drago Mamic bangkit dari bangku cadangan dan memprotes ofisial keempat. Gol tetap disahkan.

Obric menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Hariono pada menit ke-77. Mencoba memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, Persib lebih agresif dengan menampilkan Budiawan. Sebelumnya, Atep telah dimainkan lebih dahulu menggantikan Ilham.

Mitra menjawab dengan memasukkan Mahadirga Lasut untuk menstabilkan lini tengah. Hasilnya, menit 87, Saong-min menambah keunggulan tuan rumah setelah lolos dari perangkap off-side.

Kemenangan ini mendorong Mitra di klasemen Superliga. Kini tim kaya asal Tenggarong itu mengumpulkan sepuluh poin dari enam poin atau satu tingkat di bawah Persib yang turun ke peringkat ketujuh dengan 12 poin.