Tuesday, May 8, 2012

The Raid Meraih Penghargaan Dari Wapres

Berita Terbaru Film The Raid - Wakil Presiden Boediono menganugerahkan penghargaan kepada film The Raid. Penghargaan itu dianugerahkan dalam rangka memperingati Hari Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sedunia yang mengangkat tema 'Menjadi Inovator Kelas Dunia'.

Direktorat Jenderal HKI mengadakan Penghargaan Nasional HKI sebagai salah satu apresiasi kepada mereka yang telah memberikan kontribusi kemajuan terhada perkembangan sistem HKI di Indonesia. Selain film The Raid, penghargaan juga diberikan kepada tokoh dan pemuda yang dianggap berjasa kepada masyarakat.

Artis Agnes Monica juga dipilih menjadi menjadi Duta Besar Hak Kekayaan Intelektual (HKI) 2012. Agnes berhasil mengalahkan nominator lainnya. Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin mengatakan, terpilihnya Agnes karena prestasinya yang luar biasa di usia yang relatif muda.

"Agnes telah memiliki prestasi dan inspirasi bagi kaum muda lainnya, sukses mengapresiasikan hak kekayaan intelektual baik di tingkat nasional maupun internasional," ujar Amir dalam pidato sambutannya di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (8/5/2012).

Para penerima penganugerahaan tersebut adalah :

1. Prof. Dr. Sidik (tokoh visioner atas hasil riset yang telah mendapatkan paten dari DJHKI)

2. Ir. Oskar Riandi (inventor visioner perekayasa bidang tekonologi informasi dan komunikasi yang berhasil mengkomersilkan HKI).

3. Generasi Muda Inovator, Tim Gatot Kaca (software designer yang mewakili Indonesia untuk tingkat dunia di Amerika Serikat).

4. IPB (Perguruan Tinggi Negeri), karena dianggap banyak mengajukan permohonan paten selama 2007-2011 sebanyak 77 permohonan.

5. Ebiet G. Ade sebagai pencipta lagu yang memiliki karya intelektual yang dapat dibanggakan.

6. Hendy Setiono (Pengusaha Muda Inovatif pemilik waralaba Kebab Turki Baba Rafi yang memiliki lebih dari 750 outlet).

7. Irwan Hidayat (Pengusaha Inovatif pemilik Sido Muncul).

8. Sosrodjojo (pengusaha Inovatif, Pendiri PT Sinar Sosro).

9. Perusahaan yaitu PT. Indomarco Pristama, PT. Phapros yang menggunakan 100 persen piranti lunak asli.

10. Jaya Suprana (Pemilik HKI Sukses), pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

11. Dr. Ary Ginanjar Agustian (Pemilik HKI Sukses), sebagai pendiri ESQ Leadership Centre karena dianggap telah sukses dalam mengapresiasikan karyanya baik di nasional maupun internasional.

12. Andrea Hirata (Novelis Motivator), atas karya berupa novel best seller, Laskar Pelangi.

13. Film The Raid (Hak Cipta Ekonomi Kreatif).