Wednesday, July 18, 2012

Kucing Menjabat Sebagai Walikota

Partisipasi hewan dalam dunia politik bernegara merupakan hal langka namun benar-benar terjadi. Seekor kucing bernama Stubb telah menjabat sebagai Walikota Talkeetna hampir seumur hidupnya. Ia sudah menjabat di kota di Alaska, Amerika Serikat, itu selama 15 tahun.

Kucing Menjabat Sebagai Walikota
Menurut KTUU TV, awalnya warga kota tersebut tidak suka terhadap calon walikota yang maju pemilihan. Mereka kemudian mengajukan Stubb dengan tujuan sebagai bahan lelucon. Namun siapa sangka ia malah menang karena banyak warga yang memilihnya.

Sejak saat itu kucing tersebut menjabat sebagai walikota kehormatan dan "berkantor" di toko Nagley. Pemilihan Stubb sebagai walikota mengantarkan Talkeetna, yang terletak di dasar Gunung McKinley, menjadi tujuan wisata. Talkeetna sendiri merupakan kota kecil dengan jumlah penduduk hanya 900 orang.

"Setiap harinya ada 30 hingga 40 turis yang kemari hanya ingin melihat Stubb," ujar Lauri Stec, pegawai di toko Nagley. "Aku percaya Talkeetna akan baik-baik saja selama memiliki Stubb."

Stubb menghabiskan hari-harinya nongkrong di toko yang selalu menyediakannya kepiting salju Alaska sebagai cemilan. Popularitasnya juga meningkat dengan banyak kiriman surat dan kartu ucapan dari seluruh penggemarnya. Stubb bahkan memiliki akun Facebook sendiri dan mempunyai hampir 1000 teman.

Sebelumnya, publik juga pernah heboh seekor kucing bernama Hank yang mencalonkan diri ke pemilihan senat Amerika wilayah Virginia. Kucing yang berasal dari Springfield itu maju melalui jalur independen.(wowkeren.com)