Monday, October 29, 2012

Daftar Nama Peraih FIFA Ballon d’Or 2012

FIFA merilis 23 nama pesepakbola profesional yang masuk dalam daftar nominasi peraih penghargaan bergengsi, FIFA Ballon d’Or 2012. Kompetisi La Liga menguasai daftar tersebut dengan diwakili 12 pemain atau lebih dari 50 persen.


ke-23 nama tersebut, tercantum dua pemain yang digadang-gadang bersaing ketat untuk meraih penghargaan tertinggi di kolong langit, yaitu bintang Barcelona dan Timnas Argentina Lionel Messi dan bintang Real Madrid dan Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Dalam dua tahun terakhir Messi secara gemilang meraih penghargaan FIFA Ballon d’Or secara beruntun setelah sebelumnya menyabet European Footballer of the Year 2009 dan World Player of the Year 2010.

Satu nama lainnya yang disebut-sebut bakal menjadi kuda hitam dan diprediksikan banyak orang mempunyai peluang besar untuk meraih penghargaan FIFA Ballon d’Or adalah rekan Messi di Barcelona, Andres Iniesta, yang beberapa waktu lalu dianugerahi penghargaan UEFA Best Player in Europe Award untuk musim 2011-2012.

Dari daftar tersebut tercantum sejumlah bintang yang meramaikan Liga Premier Inggris, seperti duet striker Manchester United, Wayne Rooney dan Robin van Persie, serta tiga pemain kunci keberhasilan Manchester City menjuarai premiership di musim lalu: Sergio Aguero, Mario Balotelli, dan Yaya Toure. Sementara, Serie A Italia hanya mewakilkan dua pemain, kapten Juventus Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo.

Rencananya, pengumuman pemain mana yang berhak meraih FIFA Ballon d’Or, dihitung dari jumlah suara terbanyak yang diberikan pelatih dan kapten tim nasional serta jurnalis France Football, akan digelar FIFA dalam acara yang dilangsungkan di Zurich, 7 Januari 2013.

23 pemain yang masuk nominasi peraih FIFA Ballon d’Or 2012.
Sergio Aguero (Manchester City)
Mario Balotelli (Manchester City)
Karim Benzema (Real Madrid)
Gianluigi Buffon (Juventus)
Sergio Busquets (Barcelona)
Iker Casillas (Real Madrid)
Didier Drogba (Shanghai Shenhua)
Radamel Falcao (Atletico Madrid)
Zlatan Ibrahimovic (Paris Saint Germain)
Andres Iniesta (Barcelona)
Lionel Messi (Barcelona)
Manuel Neuer (Bayern Munich)
Neymar (Santos)
Mesut Ozil (Real Madrid)
Gerard Pique (Barcelona)
Andrea Pirlo (Juventus)
Sergio Ramos (Real Madrid)
Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
Wayne Rooney (Manchester United)
Yaya Toure (Manchester City)
Robin van Persie (Manchester United)
Xabi Alonso (Real Madrid)
Xavi Hernandez (Barcelona)