Wednesday, December 26, 2012

Tokoh Sains Tersohor Dunia Tahun 2012

1. Neil Armstrong
Neil Armstrong
Armstrong adalah manusia pertama yang menginjakkan kakinya ke bulan pada 20 Juli 1969 di usia 38 tahun. Komandan misi Apollo 11 ini pada tahun 2012 tutup usia dan menjadi bahan pemberitaan media sedunia.

2. Peter Higgs
Meski mencetuskan partikel Tuhan Pada tahun 1964, nama fisikawan Peter Higgs kembali diperbincangkan pada awal Juli 2012. Namanya kembali mencuat saat dua tim yang bereksperimen terpisah di Large Hadron Collider, A Toroidal LHC Apparatus (ATLAS), dan Compact Muon Solenoid (CMS), mengumumkan temuan sebuah partikel baru, yang memiliki massa sekitar 125-126 gigaelectronvolts (GeV).

3. Felix Baumgartner
Felix Baumgartner lompat dari kapsul di stratosfer
Lelaki pemberani asal Austria ini mengundang decak kagum saat melompat dari ketinggian 39.068 meter dari atas permukaan bumi dengan kecepatan tertinggi 833,9 mph atau 1.342 kilometer per jam dalam waktu 9 menit 3 detik.

Aksinya pada Oktober 2012 tersebut telah memecahkan tiga rekor, yaitu terjun bebas tertinggi di dunia (39.045 meter), terjun bebas tertinggi tanpa parasut (36.529 meter) dan kecepatan tertinggi selama terjun bebas (1.342 km/jam). Melalui aksinya, ia menjadi manusia pertama yang melebihi kecepatan suara tanpa bantuan alat.

4. Stephen Hawking
Pada Pertengahan Desember tahun ini, Fisikawan asal Inggris, Stephen Hawking mendapat hadiah uang sebesar US$3 juta atau sekitar Rp29 miliar atas kontribusi seumur hidupnya dalam kemajuan ilmu fisika.

Penghargaan The Fundamental Physics Prize diberikan atas temuannya yang mengungkapkan adanya radiasi pada lubang hitam. Selain itu, Profesor Hawking yang berusia 70 tahun juga dianggap memberikan kontribusi tinggi terhadap gravitasi kuantum dan aspek-aspek kuantum pembentukan awal
alam semesta.

5. Liu Yang
Tiga astronot China sebelum menjalani misi ke luar angkasa
Liu Yang menjadi berita utama di media-media massa di seluruh dunia, setelah ia menjadi astronot wanita pertama China yang berpartisipasi dalam misi roket berawak Shenzhou-9, Juni 2012.

Selain Liu Yang, roket Shenzhou-9 juga berawakkan dua astronot pria, yaitu Jing Haipeng dan Liu Wang. Roket ini diluncurkan secara manual pada Sabtu 16 Juni, bersama dengan modul eksperimental Tiangong-1.

6. Marissa Mayer
Marissa Mayer
Sosok eksekutif bisnis Amerika Serikat ini menjadi presiden dan CEO perempuan pertama raksasa internet Yahoo!. Saat diangkat. mantan eksekutif Google tersebut masih dalam kondisi hamil enam bulan dan bisnis Yahoo! sedang merosot. Mayer merupakan CEO Yahoo! yang ketiga dalam setahun ini.

7. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg selalu memakai kasu favoritnya
Jejaring sosial populer, Facebook resmi melantai di bursa saham pada 18 Mei 2012 dengan harga saham per lembar US$38 dan perkiraan valuasi mencapai US$100 miliar atau Rp900 triliun.Saat pertama kali dibuka untuk publik, saham Facebook mencapai US$19 miliar. Namun seiring waktu, nilai saham jejaring sosial ini terus menurun. Pada akhir Juli 2012, saham Facebook merosot menjadi US$11,8 miliar.

8. Patrick Moore
Patrik Moore merupakan pakar astronomi yang dikenal sebagai presenter program BBC, 'The Sky At Night' selama 55 tahun. Patrick menulis puluhan buku mengenai astronomi dan risetnya digunakan oleh Amerika Serikat dan Rusia dalam program antariksa kedua negara.Ia menghembuskan nafas terakhir di rumahnya di Selsey di pesisir selatan Inggris, pada 9 Desember 2012, dalam usia 89 tahun. Moore diyakini sebagai satu-satunya orang yang pernah bertemu dengan tiga orang fenomenal, yaitu orang yang pertama kali terbang Orville Wright, orang yang pertama kali pergi ke antariksa, Yuri Gagarin, dan orang yang pertama kali menginjakkan kaki di Bulan, Neil Armstrong.

9. Enam Ahli Seismolog
Sebuah pengadilan daerah di Italia pada Senin, 22 Oktober 2012 menjatuhkan vonis 6 tahun pada enam seismolog dan seorang mantan pejabat. Ketujuh terdakwa yang merupakan anggota National Commission for the Forecast and Prevention of Major Risks dianggap bertanggung jawab atas kejadian gempa bumi dahsyat di L'Aquila, Minggu malam 6 April 2009. Lindu dengan kekuatan 6,3 skala Richter itu merenggut 309 nyawa.

10. James Cameron
Ambisi menyelam membuat Sutradara film Hollywood, James Cameron melakukan tantangan mengarungi tempat terdalam di bumi. Cameron menyelam sampai kedalaman 11 km di bawah laut, palung Marina, bagian barat Samudera Pasifik. Untuk mencapai titik ini, ia butuh waktu dua jam penyelaman.Dalam aksinya, ia membawa kamera dan lampu untuk merekam gambar di dalam laut tersebut. Ekspedisi yang dilakukan Cameron merupakan yang kedua. Sebelumnya, ekspedisi sejenis dilakukan oleh marinir AS, Letnan Don Walsh dan seorang ahli pemetaan laut asal Swiss, Jacques Piccard. Namun ekspedisi yang dilakukan dua orang terakhir ini mengalami kendala lumpur sehingga penglihatan mereka tak jelas.