Monday, January 7, 2013

Lionel Messi Meraih Penghargaan Ballon d'Or 2012

Daftar Pilihan Suara di Ballon d'Or 2012, Striker Barcelona, Lionel Messi, menyabet gelar Ballon d'Or untuk kali keempat beruntun dengan torehan suara 41,6 persen. Siapa sajakah yang memilih Messi pada penghargaan yang berlangsung dini hari tadi?


Penghargaan Ballon d'Or digelar di Zurich, Swiss, Senin 7 Januari 2013 waktu setempat (Selasa dini hari WIB). Dengan 41,6 persen suara, Messi mengungguli bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (23,68 persen) dan rekan setimnya di Barcelona, Andres Iniesta (10,91 persen).

Pemilik suara di penghargaan ini adalah pelatih dan kapten timnas dari 209 Anggota Asosiasi FIFA, serta jurnalis hasil seleksi France Football. Pemain pilihan pertama mendapat 5 poin, pilihan kedua mendapat 3 poin, sedangkan pilihan ketiga mendapat 1 poin.

Pemain yang memilik hak suara, tidak boleh memilih dirinya sendiri. Lalu siapa sajakah yang memilih Messi pada penghargaan Ballon d'Or?

Berikut ini adalah sejumlah pemilih ternama pada penghargaan Ballon d'Or 2012 seperti dilansir Bleacher Report:

• Kapten timnas Inggris, Steven Gerrard, dan manajer Roy Hodgson, sama-sama memilih Messi sebagai pemenang, disusul Ronaldo di posisi kedua. Namun, Gerrard memilih Xabi Alonso sebagai peringkat ketiga, sedangkan Hodgson memilih Radamel Falcao.

• Pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque, memilih tiga anak asuhnya di La Furia Roja, Iker Casillas, Xavi Hernandez dan Iniesta secara berurutan. Sementara Casillas secara mengejutkan menjadikan rekan setimnya di Madrid dan timnas Spanyol, Sergio Ramos, sebagai pilihan utama. Disusul dengan Ronaldo dan Iniesta.

• Sebagai kapten timnas Argentina, Messi juga memiliki hak suara. Leo memilih Iniesta, Xavi dan Sergio Aguero. Pelatih Alejandro Sabella memilih Messi, Aguero dan Falcao.

• Kapten timnas Portugal, Bruno Alves, memilih Ronaldo sebagai pemenang, disusul Falcao dan Robin van Persie. Pelatih Paulo Bento juga menjadikan Ronaldo sebagai pilihan utama, diikuti dengan Falcao dan Messi.

• Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal, tidak menjadikan Van Persie sebagai pilihan, melainkan Messi, Ronaldo dan Falcao. Lain halnya dengan Wesley Sneijder, yang memilih Van Persie sebagai nomor satu, disusul Messi dan Ronaldo.

• Pelatih timnas Italia, Cesare Prandelli, dan kapten Gianluigi Buffon, sama-sama memilih Andrea Pirlo sebagai posisi pertama. Prandelli kemudian memberi suara untuk Buffon dan Messi. Sedangkan Buffon memilih Messi dan Ronaldo.

• Suara untuk Messi juga datang dari kapten timnas Brasil, Thiago Silva. Bek Paris Saint-Germain itu kemudian memilih Ronaldo serta Zlatan Ibrahimovic. Sementara mantan pelatih timnas Brasil, Mano Menezes, memilih Ronaldo, Messi dan Falcao.

• Kapten timnas Jerman, Philipp Lahm, mendukung Iniesta untuk menang, dilanjutkan dengan Messi dan Ronaldo. Sedangkan pelatih Joachim Loew setia mendukung pemainnya, Mesut Oezil, Manuel Neuer dan Xavi di daftar tiga besarnya.

• Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, juga memilih Messi sebagai pemenang, disusul Ronaldo dan Xavi. Sedangkan Hugo Lloris setia terhadap sesama kiper dengan memilih Casillas sebagai nomor satu, serta Falcao dan Didier Drogba.