Sunday, April 14, 2013

Patung Paus Paulus II tertinggi sejagat

Polandia belum lama ini meresmikan patung Paus Paulus II yang diklaim tertinggi di dunia. Pembuatan patung setinggi 14 meter itu didanai oleh seorang pengusaha Leszek Lyson.


Dia mendanai pembuatan patung itu karena meyakini Paus Paulus berperan dalam penyelamatan putranya yang hampir tenggelam pada saat mereka liburan di Kroasia tiga tahun lalu, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, ahad (14/4).

Patung seberat lima ton itu terbuat dari bahan fiberglass putih. Paus tampak sedang merentangkan kedua tangannya dan di lehernya tergantung salib emas. Uskup Agung Waclaw Depo memberkati patung yang terletak di sebuah bukit diyakini tempat suci di atas Kota Czestochowa.

Paus Paulus II yang bernama asli Karol Wojtyla lahir di Wadowice, Polandia pada 1920. Di usia 58 tahun dia terpilih sebagai Paus. Selama 450 tahun sejarah kepausan dia merupakan Paus pertama yang bukan berasal dari Italia. Paus Paulus tercatat telah mengunjungi 120 negara selama 27 tahun menjadi Paus. Dia meninggal pada 2005 di usia 85 tahun karena sakit.

Lyson bertemu dengan Karol Wojtyla pada 1960-an ketika dia belum menjadi Paus. Lyson mengatakan patung itu lebih tinggi dua meter ketimbang patung yang sama dibuat di Chili.