Tuesday, July 19, 2011

Google Beri Lencana Bagi Pembaca Setia Google News

Google ingin memberikan penghargaan bagi para pembaca setia Google News. Kini, dengan membaca topik berita favorit di Google News secara reguler, pembaca bisa mendapatkan sebuah badge atau lencana.

Pemberian lencana ini mirip seperti yang ada pada Foursquare. Seperti diketahui, Foursquare menghadiahkan lencana dan poin bagi pengguna yang sering melakukan check in di berbagai tempat.

Nah, dengan rajin membaca berita di Google News, para pembaca akan mendapatkan lencana dalam tingkatan berbeda-beda, mulai dari level tembaga, perak, emas, platinum hingga ultimate.

Sayangnya, seperi dikutip detikINET dari Telegraph, Selasa (19/7/2011), keistimewaan ini baru tersedia bagi pengguna Google News di Amerika Serikat (AS). Google tidak menyebutkan, apakah ketersediaannya akan diperluas ke negara lain atau tidak.

Untuk mengaktifkan layanan ini, pengguna harus sign up ke akun web Google, mengaktifkan web history dan mengunjungi halaman Google News Badges. Lencana yang didapatkan bersifat privat namun bisa diperlihatkan ke publik sehingga pengguna yang memiliki minat sama bisa saling berdiskusi.

Ada lebih dari 500 lencana yang disediakan Google. Masing-masing lencana ini akan mewakili topik yang sering dibaca si pengguna, misalnya lencana 'stock market' bagi mereka yang rajin membaca berita pasar saham, 'Harry Potter' untuk yang senantiasa mengikuti berita Harry Potter atau 'US elections' bagi yang rajin membaca berita soal pemilu di AS.