Sunday, August 7, 2011

iPhone 5 dan Android Kuasai Pasar Smartphone

Tahun 2012 diprediksi persaingan di pasar smartphone akan semakin ketat. Beberapa vendor mulai akan memperluas produknya ke pasaran. Dari sekian banyak vendor yang masuk ke pasaran, tahun depan diprediksi Apple dan Samsung yang menjadi penguasa.

Apple yang masih menikmati masa keemasannya dengan iPhone, tentu akan semakin meningkatkan persaingan jika rumor iPhone 5 yang hadir di September atau Oktober menjadi kenyataan. Walaupun sebetulnya akan mendapatkan tantangan dari BlackBerry dan Microsoft yang menggandeng Nokia.

"Soal jumlah, mungkin Apple belum dapat menyaingi Nokia yang dalam satu kuartal bisa mengapalkan 28,1 juta unit ponsel. Namun dengan momentun Apple di pasar ponsel cerdas, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil," ujar analis IDC Ramon Llamas, seperti dilansir TG Daily, Jumat (5/8/2011).

Catatan IDC menyatakan bahwa pengiriman unit Apple meningkat 141,7 persen antara kuartal kedua 2011 dan periode yang sama tahun 2010. Samsung naik 380,6 persen, 165,9 persen untuk HTC dan 10,7 persen RIM. Namun Nokia, malah turun 30,4 persen dari kuartal tahun lalu.

Baik HTC dan Samsung diuntungkan dari portofolio ponsel Android mereka. Namun, perhatian menunjukkan bahwa RIM menghadapi beberapa kekurangan dalam kuartal di depan:

"Perusahaan tersebut hanya merilis beberapa model baru sepanjang tahun ini, apalagi mereka masih berkutat pada portofolio pasar menengah keatas