Thursday, August 11, 2011

Peluang Meraih Gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2011

Seperti diketahui, terakhir kali Indonesia berjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada tahun 2007. Ketika itu, ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan dan ganda campuran Nova Widianto/Lilyana Natsir berjaya setelah mengalahkan pesaing-pesaingnya.

Meski menurunkan skuad terbaik pada sektor tunggal putra, tapi Taufik Hidayat dkk kemungkinan besar akan sulit untuk bersaing dengan tunggal putra dari China. Sebab, Lin Dan dkk terkenal sangat tangguh dan ulet, sehingga sulit ditekuk oleh pemain dari Indonesia.

Taufik pemain terakhir yang berjaya di tunggal putra. Suami dari Amy Gumelar ini merengkuh gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada 2005 silam. Sejak saat itu, pebulutangkis terbaik Indonesia itu seperti tenggelam dari tunggal putra China, begitu juga tunggal putri.

Praktis, kemungkinan besar, PB PBSI tinggal mengharapkan kepada pada sektor ganda. Dalam turnamen kali ini, PBSI sendiri menurunkan ganda putra Markis/Hendra, Mohammed Ahsan/Bona Septano dan juga ganda campuran Fran Kurniawan/Pia Zebadiah dan Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir.

Kendati demikian, PBSI sadar betul peluang untuk menjadi juara sangat berat. Oleh sebab itu, jauh-jauh hari PBSI menegaskan tidak memberikan target muluk kepada para atlet yang kemungkinan juga akan menjadi andalan di ajang SEA Games itu.

Daftar Pemain di yang turunkan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2011:

Tungal Putra: Taufik Hidayat, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka

Ganda Putra: Markis Kido - Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan - Bona Septano, Alvent Yulianto Chandra - Hendra Gunawan Aprida

Ganda Campuran: Fran Kurniawan - Pia Zebadiah, Tontowi Ahmad - Liliyana Natsir, Muhammad Rijal - Debby Susanto, Markis Kido - Lita Nurlita

Ganda Putri: Greysia Polii - Meiliana Jauhari, Vita Marissa -Nadya Melati, Suci Rizki Andini - Della Destiara Haris