Monday, August 1, 2011

Pertandingan Berliku Menunggu Timnas

Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia telah memasuki putaran ketiga. Indonesia merupakan salah satu dari 15 tim yang sukses mencapai fase ini setelah menundukkan Turkmenistan lewat keunggulan agregat 5-4.

Timnas bersama dengan 14 tim lainnya sudah ditunggu lima tim yang mendapat bye. Mereka yakni Jepang, Australia, Korea Selatan, Bahrain, dan Korea Utara. Sebanyak 20 tim itu dibagi ke dalam empat kelompok unggulan (pot) berdasarkan rilis terakhir FIFA World Ranking, Juli 2011.

Tim Garuda yang menghuni urutan 137 hanya berada satu tingkat di atas Libanon yang berperingkat terbawah dari 20 tim kontestan putaran ketiga. Jadi, dengan demikian, Indonesia berada di pot keempat bersama Korut, Thailand, Singapura, dan Libanon.

Jangan berharap Indonesia akan bertemu dengan lawan sesama penghuni pot keempat. Sebab, setiap tim di pot empat ini disebar merata ke lima grup yang masing-masing beranggotakan empat tim. Nasib Indonesia dan tim-tim Zona Asia lainnya berada di hasil undian yang dilaksanakan di Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (30/7) malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Drawing Zona Asia menjadi tanggung jawab legenda sepakbola Brasil Zico dan kompatriotnya Lucas. Pastinya Indonesia tergabung dengan lawan yang lebih berat ketimbang Turkmenistan. Namun tidak ada kata pesimistis selama bola masih bundar. Di putaran ketiga ini Indonesia harus menempati minimal runner-up grup jika ingin melangkah ke putaran empat atau putaran final dalam perebutan tiket ke Brasil.

Sebanyak 10 tim di putaran keempat akan dibagi menjadi dua grup yang masing-masing terdiri dari lima tim. Sesuai jatah yang telah ditetapkan, Asia kedapatan 4,5 tiket ke putaran final. Dua tim teratas di masing-masing grup lolos otomatis, sedangkan dua peringkat ketiga harus bertanding untuk memperebutkan tiket laga play-off interkontinental yang lawannya belum ditentukan FIFA.(DIM)

Skema tim unggulan jelang undian putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014:
Pot 1:
Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran, Cina
Pot 2:
Uzbekistan, Qatar, Yordania, Arab Saudi, Kuwait
Pot 3:
Bahrain, Suriah, Oman, Irak, Uni Emirat Arab
Pot 4:
Korea Utara, Thailand, Singapura, Indonesia, Libanon