Monday, October 24, 2011

Galaxy Tab Sementara Dilarang Beredar di Australia

Galaxy Tab Sebuah pengadilan di Australia memutuskan larangan penjualan sementara produk komputer tablet buatan Samsung di negara itu, setelah mengabulkan gugatan pabrikan komputer genggam Apple di tengah perang hak paten antara kedua raksasa teknologi dunia itu.
Galaxy Tab
Seperti dikutip dari BBC, Apple menuding Samsung menjiplak teknologi layar sentuhnya untuk produk Galaxy Tab 10.1. Dua perusahaan itu memang terlibat dalam perseteruan hukum di sembilan negara. Samsung adalah salah satu pesaing terkuat Apple dalam produksi telepon pintar dan produk komputer tablet.

Putusan pengadilan federal ini akan mengancam posisi pasar Samsung di Australia, di tengah situasi menjelang musim belanja Natal. Dua perusahaan ini saling bersilang sengketa sejak April, masing-masing menggugat pihak seteru mencontek produk dengan paten yang mereka miliki.

Apple sudah memenangkan gugatan serupa di Jerman, pasar Eropa terbesar, dengan keluarnya pelarangan penjualan Galaxy Tab 10.1. Sidang banding kemungkinan akan berlangsung setelah vonis itu.

Sementara pekan lalu, Samsung mengatakan juga akan mengupayakan penghentian penjualan iPhone 4S di Prancis dan Italia, dengan alasan Apple telah menyalahi hak patennya dalam bidang transmisi 3D.