Friday, October 28, 2011

Seorang Sopir Rela Dijadikan Mumi

Alan Billis yang merupakan sopir taksi dari Inggris akan dijadikan mumi pertama di milenium baru. The Sun mewartakan, Selasa (18/10), pria berusia 61 tahun akan menjadi mumi yang persis seperti Tutankhamun, Raja Mesir Kuno, yang berhasil diawetkan selama tiga ribu tahun sejak zaman Mesir Kuno.

Mumi
Billis yang meninggal karena kanker paru-paru merelakan tubuhnya untuk dijadikan sebagai alat percobaan dalam penelitian untuk mengungkap rahasia keawetan mumi. Proses pembalseman dirinya hingga menjadi mumi bahkan akan ditayangkan langsung di televisi.

Proses tersebut akan berlangsung selama beberapa bulan. Dimulai dari pengambilan organ tubuh Billis. Kelembaban dalam tubuh Billis juga akan dihilangkan dengan menggunakan garam kaustik sebelum tubuh dibungkus kain linen. Mumi Billis selanjutnya akan disimpan di Universitas Sheffield, Inggris, untuk penelitian selanjutnya.

Istri Billis, Jan, mundukung tubuh suaminya untuk dijadikan sebagai percobaan. ia mengatakan jika dirinya adalah satu-satuna wanita di dunia yang behasil mendapatkan kesempatan emas itu untuk memumikan mayat suaminya.