Wednesday, December 14, 2011

Rahmad Darmawan Mundur Sebagai Pelatih Timnas U-23 Indonesia

Mundurnya Rahmad Darmawan sebagai pelatih Timnas U-23 Indonesia bukan lantaran adanya hubungan yang tidak baik dengan PSSI.Rahmad Darmawan menjelaskan alasan pengunduran dirinya sebagai pelatih Timnas U-23 Indonesia. Kesulitan untuk mendapatkan pemain yang bermain di dua liga yang ada saat ini menjadi salah satu alasan pengunduran dirinya.

Rahmad Darmawan
Rahmad Darmawan Mundur Sebagai Pelatih Timnas U-23 Indonesia

Rahmad menyatakan, "Saya memberikan kesempatan pada siapa saja. Pada waktu itu, saya juga memberikan juga kesempatan pada LPI. Saya tak pernah membeda-bedakan asal pemain."

Saat melatih Timnas U-23 ada pihak yang memintanya jangan mengambil pemain dari liga yang tak sah, yaitu Liga Primer Indonesia atau LPI. "Tapi, saya tidak lakukan itu. Soalnya saya tidak membedakan mereka darimana," tutur pelatih yang akrab disapa RD ini. "Saya ingin memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para pemaun untuk berprestasi.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menyayangkan pengunduran diri Rahmad. Ia berharap keputusan Rahmad tidak final dan masih bersedia menjadi pelatih lagi. Andi menyatakan, jika diskriminasi masih terjadi, pemerintah tidak akan memfasilitasi Tim Nasional U-23.

Penanggung Jawab Timnas, Benhard Limbong, berharap mantan pelatih Sriwajaya FC, Persipura Jayapura, serta Persija Jakarta itu membatalkan pengunduran dirinya. "Saya berharap beliau (RD) mengurungkan niatnya," ucap Limbong.

RD mengundurkan diri karena kecewa dengan keputusan PSSI melarang pemain yang berkompetisi di Indonesia Super League atau ISL untuk bergabung dalam timnas. Bagi RD, idealnya permasalahan klub dengan organisasi induk sepakbola nasional tidak menyeret para pemainnya.