Tuesday, May 15, 2012

Guru Yoga Tertua Di Dunia

Tao Porchon-Lynch Perempuan 93 Tahun ini di nobatkan sebagai Guru Yoga Tertua di Dunia oleh Guinnes World Records. Ia mungkin sudah 93 tahun usianya, namun perempuan ini masih dengan sempurna bisa melakukan berbagai pose yoga. Tao Porchon-Lynch membuktikan bahwa usia hanyalah angka.

Porchon-Lynch menjalani hidupnya begitu lengkap. Menikah, berakting, menjadi model, menari burlesque, dan bertemu dengan Gandhi dua kali. Sekarang, ia menyandang gelar sebagai guru yoga tertua dari Guinnes World Records.

Hebatnya lagi, ia tidak berencana untuk berhenti.

“Aku akan mengajar yoga hingga aku tidak bisa bernapas lagi dan aku akan terbang ke planet berikutnya. Aku mencintai yoga. Yoga mencerahkan hariku dan membuat semua orang tersenyum,” ujar Porchon-Lynch.

Sebagai guru yoga, Porchon-Lynch mengajar kelas di sebuah studio tari di Harstdale, sebuah kawasan pinggiran 25 mil di luar kota New York. Di kelasnya, ia tak segak mendorong siswa-siswanya untuk mendapatkan posisi yang paling bisa dicapai untuk melakukan asana dan dia bisa melakukannya dengan standar yang sama.

“Dokterku mengatakan ketika ia melakukan operasi pergantian tulang pinggulku mengatakan aku tak akan bisa melakukan yoga lagi. Aku katakan aku tidak ingin tahu apa yang tidak bisa kulakukan lagi karena aku tidak mempercayainya. Jadi aku kirimkan dia foto aku melakukan pengangkatan lotus (salah satu pose yoga) dan ia menyebutku perempuan penuh keajaiban. Aku mengatakan tidak ada keajaiban. Keajaiban berarti hanya untuk melihat apa yang ada di dalam dirimu. Jika memang ada di dalamnya, aku bisa melakukannya,” katanya.

Porchon-Lynch menjadi tertarik pada yoga ketika ia berusia delapan tahun. Ia kemudian mengamati sekelompok bocah lelaki melakukan yoga di pantai di rumah kelahirannya di Pondicherry di kawasan selatan India. Ia kemudian memutuskan bahwa ia bisa melakukan apa pun yang bocah lelaki itu bisa lakukan.

Porchon-Lynch telah mengajar yoga secara profesional selama 61 tahun, meski baru pada usia 73 tahun ia memutuskan untuk semata-mata menjadi instruktur yoga sebagai mata pencariannya.[beritasatu.com]