Monday, December 3, 2012

Jokowi Masuk Nominasi wali kota terbaik Dunia

Besok hasil putusan apakah Jokowi masuk sebagai wali kota terbaik Pemberian suara buat menentukan wali kota terbaik sejagat ditutup hari ini. Hingga sejauh ini, sudah 450 ribu suara masuk terhadap 25 calon kepala daerah dari seluruh dunia itu.


Situs worldmayor.com melaporkan, Senin (3/12), the City Mayors Foundation akan mengumumkan pemenang besok. "Hadiah buat pemenang akan diserahkan pada 8 Januari 2013," tulis panitia dalam situs resmi itu.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bersaing dengan 24 wali kota lainnya. Mantan wali kota Surakarta ini di antaranya menghadapi tantangan dari Wali Kota Tel Aviv (Israel) Ron Huldai, Wali Kota Perth (Australia) Lisa Scaffidi, Wali Kota Changwon City (Korea Selatan) Park Wan-su, dan Wali Kota Amuwo Odofin (Nigeria) Ayodele Adebowale Adewale.

Pemenang dipilih berdasarkan jumlah suara sokongan. Lebih penting lagi dilihat berdasarkan kesaksian persuasif dan keyakinan orang terhadap kinerja sang wali kota.

Penghargaan ini sudah diberikan sejak delapan tahun lalu. Pemenang pertama dalam ajang ini adalah Wali Kota Tirana (Albania) Edi Rama. Hingga tahun ini, ajang ini baru enam kali dilangsungkan.