Wednesday, December 12, 2012

Singapura 1 - 0 Filipina Piala AFF 2012

Singapura berhasil menjejakkan kakinya di final Piala AFF untuk kali keempat. Skuad The Lions lolos berkat kemenangan 1-0 (0-0) atas Filipina di semifinal kedua.


Tampil di hadapan publik sendiri di Stadion Jalan Besar, Rabu (12/12/2012), pelatih Singapura Rajdoko Avramovich langsung menginstruksikan permainan ofensif.

Cuplikan Videonya Singapura 1 - 0 Filipina


Striker veteran Aleksandar Duric diplot berduet dengan Khairul Amri di lini depan. Sementara di kubu Filipina, pelatih Hans Michael Weiss juga memainkan pola 4-4-2 dengan duet Phil Younghusband dan Angel Guirado di barisan depan.

Bermain di Stadion yang menggunakan rumput sintetis, Singapura langsung menekan pertahanan Filipina, menyusul hasil imbang 0-0 pada pertemuan pertama di Manila.

Serangan demi serangan yang dibangun para punggawa The Lions, langsung membuahkan hasil pada menit ke-19. Tendangan keras Khairul Amry dari luar kotak penalti, meluncur deras ke pojok gawang Eduard Sacapano.

Unggul 1-0, Singapura kian gencar melakukan tekanan. Sejumlah peluang pun didapat, di antaranya lewat tendangan keras Amry, Duric dan Shaiful Esah serta sundulan Baihakki Khaizan. Sayang, peluang-peluang tersebut gagal membuahkan hasil, karena Sacapano tampil sukup sigap mengamankan gawangnya.

Filipina yang banyak tertekan, baru mendapat peluang emas pertamanya di menit ke-40. Umpan pendek Angel Guirado disambut tendangan keras Phil Younghusband di ujung kotak penalti. Sayang, tendangan bomber naturalisasi asal Inggris itu masih mampu diredam Mohamad Izwan. Hingga jeda, keunggulan 1-0 Singapura tak berubah.

Memasuki interval kedua laga, Filipina yang butuh kemenangan untuk lolos ke final, langsung mengambil inisiatif serangan. Ancaman demi ancaman pun mulai ditebar skuad The Azkals. Namun, sejauh ini belum juga mampu membongkar rapatnya pertahanan Singapura.

Singapura sendiri masih terus menebar ancaman di jantung pertahanan Filipina lewat Duric dan sang kapten Shahril Ishak. Akan tetapi, Sacapano mash cukup tangguh mengawal gawangnya.

Di pertengahan babak kedua, Filipina punya peluang emas lewat tendangan keras Paul Mulders dari luar kotak penalti, namun hanya tipis melintas di sisi gawang Izwan.

Memasuki 10 menit terakhir laga, kedua tim kian meningkatkan intensitas serangan. Filipina melakukan serangan sporadis, baik melalui crossing-crossing ke kotak penalti, maupun tendangan langsung dari luar kotak penalti. Sementara Singapura mulai berkonsentrasi menjaga keunggulan. Hingga berakhirnya laga, skor 1-0 untuk Singapura tetap bertahan.

Dengan kemenangan ini, Singapura sukses menjejakkan kakinya di final untuk kali keempat. Peraih tiga titel juara (terbanyak bersama Thailand) ini akan menunggu pemenang antara Malayasia dan Thailand yang baru akan memainkan leg kedua semifinal, Kamis (13/12/2012). Pada pertemuan pertama di Kuala Lumpur, kedua tim berbagi angka sama 1-1.

Susunan Pemain
Singapura: 1.Mohamad Izwan, 3.Shaiful Esah Nain, 4.Isa Halim, 5.Baihakki Bin Khaizan, 8.Shahdan Bin Sulaiman, 9.Aleksandar Duric, 15.Mustafic Fahrudin/Fazrul Nawas (46'), 16.Daniel Bennett, 17.Mohammad Shahril Ishak/Mohamad Firdaus bin Kasman (89'), 19.Khairul Amri/Mohamad Irwan Shah (66'), 21.Muhammad Safuwan

Filipina: 11.Eduard Sacapano, 2.Robert Gier, 5.Juan Luis Guirado, 7.James Younghusband/Demitrus Omphroy (62'), 8.Dennis cagara, 10.Phil Younghusband, 12.Angel Guirado, 14.Carli de Murga/Denis Wolf (83'), 19.Jerry Lucena, 22.Paul Mulders, 29.Patrick Reichelt/Emelio Caligdong (46')