Friday, January 2, 2015

26 Fakta Unik Tentang Korea Utara yang Anda Harus Tahu

Karena terlalu tertutup dari dunia luar, Korea Utara membuat turis penasaran jalan-jalan ke sana untuk melihat kehidupan masyarakatnya dari dekat. Semua tentunya pasti tahu tentang Korea Utara (Korut). Namun sebagian besar orang tidak benar-benar mengetahui fakta-fakta yang menyelimuti Negara Komunis tersebut.

1.Wanita Korea Utara suka memakai sepatu hak tinggi
Tahukah Anda, para wanita Korea Utara ternyata suka sekali memakai sepatu hak tinggi atau high heels. Mereka memakai sepatu hak tinggi saat sedang bekerja hingga berbelanja.

Bahkan, para wanita yang bekerja di satuan militer juga terlihat menggunakan sepatu hak tinggi. Anda boleh percaya boleh tidak, situs CNN Travel menyebut kalau para wanita yang bekerja di lokasi konstruksi bangunan

2.Orang Korea Utara suka The Beatles
Masyarakat Korea Utara dikenal mengikuti wajib militer dan begitu patuh terhadap peraturan. Dibalik itu, ada satu sisi menarik dari mereka yakni orang Korea Utara suka sekali bernyanyi.

Mereka pun juga memiliki lagu-lagu barat. Menurut penelusuran CNN Travel, orang Korea Utara paling suka menyanyikan lagu The Beatles yang berjudul 'Hey Jude' dan 'Yellow Submarine', serta lagu-lagu dari Celine Dion. Bahkan, masyarakat Korea Utara akan senang hati bernyanyi jika Anda memintanya.

Yang unik masih soal penyanyi, Korea Utara juga memiliki girlband yang begitu populer di sana. Girlband itu bernama Moranbong yang dibentuk oleh pemimpin negara mereka, Kim Jong-un di tahun 2012 dan jadi girlband pertama di Korea Utara. Mungkin inilah K-Pop ala Korea Utara.

3.Kereta bawah tanah ada di kedalaman 100 meter
Salah satu moda transportasi di Korea Utara adalah metro atau kereta bawah tanah. Kereta bawah tanah tersebut punya dua jalur dan melintasi 17 stasiun yang jadi transportasi sehari-hari masyarakat Pyongyang.

Uniknya, semua kereta bawah tanah di sana ada di kedalaman 100 meter di bawah tanah. Dibutuhkan beberapa menit untuk turun dengan eskalator sebelum naik kereta bawah tanah. Cukup dalam dan berbeda dengan kereta bawah tanah lainnya yang ada di dunia.

Satu lagi, di dinding-dindin di stasiun bawah tanah di sana Anda tidak akan melihat banyak papan iklan. Hanya dinding putih saja.

4.Baris berbaris
Pemandangan unik di Korea Utara yang biasa dilihat turis adalah masyarakatnya yang rapi dalam urusan baris berbaris. Saat naik bus atau sedang mengantre di tempat makan, Anda akan melihat orang yang antre seperti tentara saja. Sebab, barisnya teratur, rapi dan tidak disuruh.

Usut punya usut, baris berbaris di Korea Utara sudah menjadi tradisi. Pelatihan baris berbaris di Korea Utara sudah diajarkan kepada anak-anak muda di sekolah. Contoh pelatihannya, ratusan remaja harus bisa membentuk barisan dengan cepat dan rapi dalam hitungan satu menit.

5.Turis tidak boleh pakai uang Korea Utara
Mata uang Korea Utara adalah Won juga seperti Korsel tapi turis dilarang untuk menggunakannya. Tak hanya itu, bahkan turis dilarang untuk berbelanja di pasar-pasar tradisional di sana. Turis pun dilarang datang ke pusat perbelanjaan seperti departement store kecuali dengan izin terlebih dulu.

Turis akan digiring ke Toko Buku Bahasa Asing untuk bisa membeli aneka suvenir seperti kartu pos, prangko dan buku karangan Kim Jong Il. Korea Utara memang bukan destinasi wisata belanja.

6.Voli adalah olahraga favorit
Tahukah Anda, ternyata olahraga favorit orang Korea Utara adalah bermain voli. Mereka biasanya bermain voli saat jam makan siang, waktunya sebentar dan dimainkan oleh pria atau wanita secara bersama.

Uniknya, lapangan voli tidak tersedia banyak di sana. Sehingga mereka menggunakan lahan parkir mobil sebagai area bermain voli. Gulat pun juga jadi olahraga favorit orang Korea Utara.

7.Bisa bawa ponsel tetapi...
Sejak 2013 lalu, Korea Utara mengizinkan turis membawa ponsel. Namun, kartus sim ponsel Anda harus menggunakan kartu sim setempat yang bisa dibeli di bandara.

Kartu sim tersebut berlaku selama dua minggu dengan biaya USD 66 atau sekitar Rp 777 ribu. Tapi asal Anda tahu, Anda bisa menelepon keluar negeri dan tidak bisa menelepon nomor penduduk setempat. Sebab, masyarakat Korea Utara memiliki jaringan ponsel yang berbeda.

8.Pyongyang Kota terpadat dikorea utara
Populasi Pyongyang diketahui mencapai 2,843 juta jiwa. Sementara kota terpadat keempat di AS adalah Houton, Texas. Jumlah penduduk di Houston mencapai 2,195 juta jiwa.

9. 100 persen warga Korut bisa membaca
CIA mendefinisikan tingkat kemampuan membacara warga Korut mencapai 100 persen. Menurut CIA warga Korut berusia 15 tahun dan lebih bisa membaca dan menulis.

10. Hanya 28 model potongan rambut yang diakui oleh negara
Menurut majalah Time, "Perempuan di Korut diperbolehkan untuk memilih salah satu 14 gaya rambut. Perempuan yang sudah menikah diharuskan membiarkan rambut pendek, sementara untuk yang lajang diperbolehkan untuk memanjangkan rambutnya dengan bentuk yang lebih menarik". Sementara untuk pria, dilarang untuk memanjangkan rambutnya hingga lebih dari 5 centimeter (cm). Sedangkan pria tua boleh memanjangkan rambutnya hingga 7 cm.

11. Kim Jong-Il sering menenggak minuman keras yang harga 800x lipat lebih besar dari pendapatan rata-rata warga Korut.
Kim Jong-Il yang merupakan ayah dari Kim Jong-Un dilaporkan menghabis dana sebesar 700 ribu poundsterling atau sekira Rp13,7 miliar (Rp19.676 per poundsterling). Angka ini dalam dolar mencapai sekira USD1,2 juta atau sekira Rp13,9 miliar (Rp11.589 per USD). Sementara pendapatan rata-rata warga Korut dilaporkan mencapai USD1,000 hingga 2,000 atau sekira Rp11,5 juta sampai Rp23,1 juta per tahun.

12. Kim Jong-Il miliki sekira 20 ribu rekaman video
Kim Jong-Il diketahui sebagai pencinta film dan memiliki 20 ribu video. Film favoritnya antara lain Rambo, Friday the 13th, Godzilla dan "The Eternal Bosom of Hot Love". Rata-rata film tersebut berdurasi 90 menit, yang berarti 20 ribu video sama seperti 137 tahun.

13. Di Korea Selatan, hanya pejabat militer dan pegawai pemerintah yang boleh memiliki mobil.

14. Memotret orang miskin sembarangan di larang, karena hal ini diyakini akan membuat citra Korea buruk.

15. Arkeolog Korea Utara percaya bahwa mereka telah menemukan sarang “Kuda bertanduk” yang dinaiki oleh raja tiap 2000 tahun sekali.

16. Stadion The Rungrado di Pyongyang , Ibu kota Korea Utara , merupakan stadion terbesar di dunia yang mampu menampung 150.000 orang.

17. Kijŏng-dong adalah kota yang dibangun untuk menarik perhatian warga Korea Selatan agar bergabung ke Korea namun sampai sekarang tidak ada yang benar-benar tinggal di sini

19. Program ruang angkasa Korea Utara disebut " NADA .

20. Jika ketahuan membaca al kitab atau menonton gambar pornografi, kamu akan menerima hukuman mati

21. Kim Jong un membunuh pamannya dan melemparkannya ke kandang 120 anjing yang lapar, lalu ia menghabisi seluruh keturunannya

22. Di Korea Utara, Mariyuana legal dan bahkan tidak juga dianggap obat.

23. Memakai jin di Korea Utara Dilarang

25. 1 Januari akan mengawali tahun 103 di Korea Utara. Kalender mereka dimulai setelah kelahiran Kim Ill sung, kakek Kim Jong un, pemimpin pemerintahan saat ini.

26. Hukuman 3 Generasi
Di Korut itu ada istilah Hukuman 3 generasi yang sangat mengerikan.