Tuesday, July 19, 2011

3 Strategi Facebook Jaring Anggota Baru

Meski mengklaim sudah meraup sekitar 750 juta anggota dari seluruh dunia, Facebook belum mau berpuas diri. Mereka ingin terus menambah jumlah anggota di masa depan.

Sejumlah strategi pun dilakukan oleh situs buatan Mark Zuckerberg tersebut. Seperti dipaparkan oleh Javier Olivan, Head of International Growth of Facebook dalam konferensi IDBYTE di Jakarta, Kamis (14/7/2011).

"Pengguna kami baru mencapai sekitar 10% dari seluruh populasi dunia, masih banyak peluang untuk tumbuh," kata Javier.

Strategi pertama adalah menerjemahkan Facebook ke sebanyak mungkin bahasa. Hal ini diharapkan dapat mendekatkan Facebook pada masyarakat di tiap negara. Javier menyatakan Facebook berambisi situsnya diterjemahkan ke tiap bahasa di dunia.

Strategi kedua adalah membuat aplikasi Facebook dapat diakses pada setiap ponsel, entah ponsel pintar atau ponsel biasa yang sering disebut feature phone. Untuk itu, Facebook tengah mengembangkan aplikasi untuk semua ponsel yang akan segera diluncurkan.

"Aplikasi ini mudah dipakai dan tampak terlihat seperti di smartphone meskipun dipakai di ponsel biasa," jelasnya.

Strategi ketiga adalah dengan memperluas keberadaan tombol Facebook yang kini terdapat di banyak situs sebagai sarana sharing informasi ke Facebook secara mudah. Cukup menekan tombol tersebut, maka informasi yang diinginkan bisa langsung tampil di wall pengguna.

Di sisi lain, kehadiran Google+ yang disebut-sebut sebagai calon pesaing ditanggapi biasa-biasa saja oleh Javier. Ia menilai layanan baru tersebut justru akan membuat lebih banyak orang terkoneksi secara online.

"Kami sendiri akan lebih fokus pada diri sendiri untuk membuat produk yang terbaik dan inovatif," ujarnya.