Tuesday, July 19, 2011

Google Bangun Pusat Penelitian Internet

Google mulai mengekspansi wilayah kampus melalui pembangunan pusat penelitian internet. Sejumlah nama universitas terkenal pun sudah masuk kantong Google untuk diajak berkolaborasi.

Direncanakan, Internet Research Institute tersebut akan dibuka pada Oktober 2011 mendatang di Humboldt University yang merupakan kampus tertua di Berlin, Jerman.

Ada tiga institusi pendidikan Jerman lainnya yang juga akan disertakan dalam proyek ini. Mereka adalah Berlin University of Arts, Social Science Research Center Berlin dan Hamburg Hans-Bredow-Institute.

"Kami sangat beruntung bisa bekerja sama dengan institusi hebat seperti mereka," kata bos Google Eric Schmidt, dikutip detikINET dari Fox News, Selasa (12/7/2011).

Eric menambahkan, nantinya proyek pendidikan Google ini akan menjadi wadah untuk meneliti seberapa dahsyat dampak internet dalam bidang sosial, sains, politik, dan ekonomi.

Google sendiri akan mengucurkan dana sekitar USD 6,41 juta per tahun untuk tiga tahun pertama berjalannya proyek ini. Setelah itu, kemungkinan kelompok penelitian ini akan membuka pintu untuk para sponsor.