Tuesday, November 1, 2011

4.500 Relawan SEA Games XXVI Pembekalan Di Palembang

Pelaksanaan SEA Games XXVI akan melibatkan ribuan relawan, Liaison Officer (LO) dan pemandu sorak. Guna memantapkan persiapan menjelang SEA Games, sebanyak 4.500 relawan mengikuti pembekalan di Palembang Sport And Covention Center (PSCC).

SEA Games XXVI
Pembekalan itu juga diikuti LO dan 300 pelajar SMP yang bertugas sebagai pemandu sorak. Para relawan yang nantinya bekerja selama SEA Games, mendapat pengarahan seputar bidang tugas masing-masing dan etika selama bertugas oleh panitia INASOC Sumsel.

Wakil Bidang Sumber Daya Manusia SEA Games INASOC Sumsel, Letkol TNI Edmon mengatakan pembekalan itu akan digelar selama dua hari, 1-2 November 2011."Tadi pagi pembekalan digelar di Asrama Haji dan dibuka langsung Gubernur Sumsel. Karena kapasitas gedung yang tidak bisa menampung seluruh peserta, maka pada siang harinya dialihkan ke PSCC," ujar Edmon.

Dia menerangkan, nantinya para relawan itu akan dibagi dalam beberapa kelompok dan ditugaskan diberbagai venue dan tempat-tempat umum lainnya. Khusus relawan yang direkrut KONI Sumsel akan ditempatkan di tempat-tempat wisata, pasar, mal, bank, media informasi, dan pusat kerajinan.

Sementara para pemandu sorak akan disebar ke negara-negara peserta SEA Games selain Indonesia dengan masing-masing 30 orang. "Pembagian jumlah relawan pada masing-masing venue tidak sama karena disesuaikan dengan kebutuhan. Tugas pokok mereka untuk membantu kelancaran kegiatan, sementara pemandu sorak untuk meramaikan pertandingan dan membuat lebih semarak," kata dia.

Dia menambahkan, perekrutan relawan dilakukan melalui prose seleksi yang dilakukan KONI dan Kodam II Sriwijaya. Untuk memantau kinerja para relawan, pihak INASOC memanfaatkan prajurit Kodam II Sriwijaya sebagai koordinator tiap-tiap regu.