Saturday, December 3, 2011

Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Saat Memasuki musim pancaroba Beragam penyakit siap-siap menyerang tubuh bila kekebalan tubuhmenurun. Agar badan tetap fit dan terhindar dari penyakit silahkan simak beberapa tips cara meningkatkan kekebalan tubuh.

EPL
1. Usahakan konsumsi protein rendah lemak setiap kali makan. Salah satu alasan, antibodi yang membantu melawan penyakit sebenarnya terbuat dari protein. Alasan lain, banyak makanan tinggi protein juga mengandung kekebalan tubuh lainnya yang meningkatkan nutrisi. Potongan daging sapi dan babi, serta protein dari kacang, kedelai, dan makanan laut (terutama tiram dan kepiting), mengandung seng-mineral yang membantu meningkatkan produksi melawan infeksi sel darah putih, bahkan kekurangan seng ringan dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi. Kacang-kacangan, seperti almond dan kacang mede, juga merupakan sumber protein yang bagus, serta magnesium, baik yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Minumlah lima cangkir jus buah dan sayuram sehari. Buah jadi bahan makanan yang baik dalam menangkis serangan penyakit. Kadar vitaminnya yang terkandung di dalamnya, membuat makanan ini layak jadi pertimbangan menu Anda. Vitamin A, bisa membantu sel darah putih melawan infeksi lebih efektif dan juga membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati dan membantu sistem kekebalan tubuh melindungi terhadap penyakit. Sedangkan vitamin E, yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, telah ditunjukkan dalam penelitian ilmiah dapat memerangi infeksi pernafasan flu.

3. Selain asupan gizi, juga lakukanlah kegiatan olah raga. Dengan berjalan 20 sampai 30 menit setiap hari, akan meningkatkan pertahanan tubuh Anda. Olah raga akan membuat antibodi dan sel-sel darah putih bergerak melalui tubuh lebih cepat, sehingga mereka dapat mendeteksi penyakit lebih cepat, ditambah, peningkatan sirkulasi juga dapat memicu pelepasan hormon yang "memperingatkan" sel-sel imun patogen mengganggu.

4. Periksalah kadar Vitamin D Anda. Umumnya, Sekitar 50 nmol/L cukup untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, kurang dari 30 nmol/L adalah terlalu rendah bagi kebanyakan orang. Baru penelitian menunjukkan Vitamin D bisa meningkatkan respon kekebalan tubuh, dan tingkat terlalu rendah dapat dikaitkan dengan peningkatan musiman pilek dan flu.

Dengan kekuatan tubuh yang senantiasa terjaga, akan membuat badan tetap bugar meski pancaroba mengancam. Bila tubuh sehat, aktivitas Anda tak akan tersendat.(MEL)