Thursday, November 22, 2012

Inilah Nama Senyawa Kimia Paling Panjang Sedunia

Tahukah anda Nama senyawa kimia untuk protein 'Titin' itu tidak pernah dicantumkan di kamus karena saking panjangnya dan butuh 3 jam untuk mengucapkan?Kata paling panjang yang pernah Anda tahu mungkin tidak akan sepanjang nama kimiawi ini. Sebuah senyawa protein yang pada manusia itu dikodekan oleh gen TTN dan dikenal dengan nama pendek Titin. Nama lengkap Titin sendiri terdiri dari 189 ribu huruf.


Protein bernama Titin itu tertulis dengan nama pendek "Methionylthreonylthreonylglutaminylarginyl...isoleucine" di wikipedia. Titin diakui sebagai kata dalam bahasa Inggris yang paling panjang di dunia dengan jumlah 189.819 huruf.

Uniknya, ada sebuah video berdurasi 3 jam 33 menit seorang pria membaca seluruh kata tersebut hingga selesai. Pria Rusia itu mengawali bacaan dengan jelas namun lama-kelamaan seperti orang kumur-kumur atau membaca mantra. Selama proses membaca ia terlihat bosan, terkantuk-kantuk bahkan memiliki jenggot untuk penggambaran lamanya membaca.

Inilah video pria Rusia membacakan nama lengkap senyawa Titin:


Titin merupakan unsur protein terbesar yang terdiri dari 244 unsur terpisah sekaligus memiliki bilangan exon terbesar (363). Nama Titin sendiri diambil dari dewa Yunani bernama Titan yang dikisahkan memiliki kekuatan paling besar.

Untuk beberapa alasan nama lengkap Titin tidak dicantumkan di kamus resmi. Para ahli lebih memilih menggunakan nama yang lebih umum dari kumpulan istilah senyawa namun bukan dalam bahasa Inggris. Bagi yang penasaran, Geekologi menyediakan halaman berisi nama lengkap Titin untuk diunduh.