Thursday, November 29, 2012

Suporter Indonesia Dikeroyok Suporter Malaysia

Kabar kurang mengenakan menimpa suporter indonesia pada saat pertandingan Indonenesia kontra Singapura di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu kemarin ajang kompetisi AFF Suzuki Cup 2012.Pengeroyokan itu terjadi setelah pertandingan Indonesia vs Singapura dan para suporter Indonesia keluar dari stadion, kajadian itu menimpa Ketua BP KNPI Malaysia Sagir Alva saat masih berbincang-bincang dengan para wartawan.

Courtesy of merdeka

Video saksi pengeroyokan oleh Suporter Malaysia

Video pengeroyokanSuporter Malaysia

Berikut Kronologi pengeroyokan suporter Indonesia di Malaysia

Pada saat itu Sagir dipukul pada bagian wajah dan mengenai hidung dan telinga kanannya.Bukan hanya Sagir, tapi dua orang pengurus KNPI lainnya juga dipukuli oleh suporter Malaysia berkali-kali dengan jumlah orang banyak, bahkan beberapa TKI juga ikut dipukuli oleh mereka.yang pada sebelumnya terdengar keributan dibelakang wartawan dan sagir sebelum wawancara terjadi. Sebenarnya suporter Indonesia tidak tahu kenapa mereka (suporter Malaysia) mengusir dan memukuli suporter Indonesia padahal di dalam stadion sedang berjalan pertandingan Malaysia melawan Laos. Setelah dipukuli, Sagir dan teman-teman lainnya berlarian dan dikejar-kejar oleh mereka. Sagir sempat selamat melarikan diri dan langsung naik kereta pulang ke Kajang lalu buat laporan Polisi di Kantor Polisi Sungai Tangkas, sedangkan salah satu pengurus KNPI lainnya membuat laporan polisi di daerah Bangi tapi tidak diterima laporannya karena tidak ada bukti. Kedutaan Besar Republik Indonesia KBRI di Kuala Lumpur menyesalkan tindak pemukulan terhadap warga negara Indonesia oleh suporter timnas Malaysia di Stadium Bukit Jalil.

KBRI KL menyarankan agar korban membuat surat aduan ke Kementerian Luar Negeri Malaysia, Kementerian Dalam Negeri Malaysia, Kementerian Belia dan Sukan, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) serta KBRI di Malaysia.

Atas kejadian tersebut Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) perwakilan Malaysia menuntut Pemerintah Malaysia khususnya Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) meminta maaf atas kasus pemukulan terhadap warga negara Indonesia (WNI) oleh suporter Malaysia di Stadion Bukit Jalil.

Sedangkan untuk suporter Malaysia yang telah melakukan pemukulan terhadap suporter indonesia BP KNPI berharap mereka berani bertanggung jawab dan menyerahkan diri kepada Polisi agar kasus ini segera selesai.Setelah kejadian pengeroyokan kemarin tidak membuat para pendukung Indonesia takut untuk hadir pada pertandingan sabtu besok yang mempertemukan atara Malaysia vs Indonesia.

Namun demikian menurut ketua BP KNPI Malaysia mengharapkan Kepada para suporter Timnas Indonesia di Malaysia untuk tetap tenang dan jangan terpancing emosi karena kasus ini masih ditangani oleh pihak malaysia. WNI harus tetap menjaga nama baik bangsa dan Negara dimana pun mereka berada walaupun ada beberapa TKI yang menjadi korban pemukulan ini.Kasus ini harus segera diselesaikam demi menjaga hubungan baik kedua negara dan kami berharap kejadian ini tidak berulang baik di Kuala Lumpur ataupun di Jakarta nantinya.