Tuesday, July 19, 2011

Timnas ke Turkmenistan Tanpa Irfan Bachdim

Timnas Merah Putih yang akan turun pada Pra Piala Dunia (PPD) 2014 pertandingan pertama melawan Turkmenistan di Ashgabat, 23 Juli nanti tanpa diperkuat Irfan Bachdim.

Dari 19 nama yang diumumkan oleh asisten pelatih timnas Rahmad Darmawan di Jakarta, Senin, untuk posisi striker diisi Bambang Pamungkas, Christian Gonzales dan Boaz Salossa.

"Dalam memilih pemain kami mempertimbangkan beberapa hal. Jadi tidak asal tunjuk," kata Rahmad Darmawan di Jakarta, Senin (18/7).

Menurut dia, indikator dalam menentukan pemain diantaranya sesuai dengan kebutuhan tim dan sesuai dengan persaingan diposisinya. Yang jelas pemilihan pemain dilakukan secara fair.

Khusus untuk Irfan Bachdim, kata dia, salah satu indikator tidak diikutkan pada 19 pemain yang dibawa ke Turkmenistan karena terlalu lama istirahat dan terjadi masalah pada otot pangkal paha.

"Yang jelas kami memilih betul-betul fair. Yang jelas Irfan Bachdim telah tercatat pada 44 pemain yang diajukan oleh PSSI," kata pelatih Persija Jakarta itu.

Ia menjelaskan, sesuai dengan hasil latihan, formasi yang akan digunakan pada pertandingan pertama adalah 4-3-3. Hanya saja formasi itu bisa berubah sesuai dengan kebutuhan yaitu 4-2-3-1.

Jika formasi 4-3-3 digunakan maka tiga striker yang ada yaitu Bambang Pamungkas, Christian Gonzales dan Boaz Salossa akan masuk line up. Dan untuk posisi kapten bisa dipegang oleh Bambang Pamungkas dan Firman Utina.

Adapun 19 pemain yang akan dibawa ke Turkmenistan adalah Ferry Rotinsulu dan Markus Hari Maulana diposisi penjaga gawang. Sebelumnya akan membawa Kurnia Meiga, berhubung sakit akhirnya ditinggal di Jakarta.

Diposisi belakang akan diperkuat Supardi, Zukifly Syukur, M. Nasuha, M. Roby, Ricardo Salampessy dan Wahyu Wijiasnanto. Untuk pemain tengah ada Ahmad Bustomi, Tony Sucipto, Eka Ramdani, Firman Utina, M. Ridwan, Arief Suyono, Oktovianus Maniani dan M. Ilham.

Untuk lini depan tetap mengandalkan pemain terbaik Indonesia, Boaz Salossa dan didukung oleh Bambang Pamungkas dan Christian Gonzales.