Thursday, August 11, 2011

Aplikasi Facebook Messenger Untuk Chat Dan Kirim SMS

Facebook memperkenalkan aplikasi Facebook Messenger yang memungkinkan penggunanya mengirim pesan melalui jejaring sosial.

Aplikasi mobile ini baru tersedia untuk ponsel Android dan iPhone dan sudah bisa diunduh melalui Android Marketplace serta App Store milik Apple. Facebook Messenger sendiri merupakan buah dari akuisisi Facebook terhadap startup group messaging Beluga, Maret lalu.

Aplikasi Facebook Messenger Ini adalah aplikasi mobile untuk komunikasi real-time,seluruh pesan pada aplikasi ini dikirim dan diterima dalam real-time, seperti layanan messenger pada umumnya.

Setelah login ke layanan Messenger menggunakan identitas Facebook, pengguna bisa melihat seluruh chat maupun pesan terbaru lewat jejaring sosial tersebut. Pengguna bisa melanjutkan percakapan maupun memulai percakapan baru dengan seluruh kontak di Facebook. Untuk mengirimkan pesan, bisa melakukannya langsung di Facebook Messenger ataupun lewat SMS.

Selain pesan berupa teks, pengguna juga bisa mengirimkan foto ke teman-teman mereka yang menggunakan aplikasi ini dan bisa memilih atau menerima pemberitahuan pesan baru atau tidak, serta mengatur waktu penerimaan pemberitahuan tersebut.

Facebook menegaskan nantinya Messenger akan memiliki seluruh fungsi layanan messenger pada umumnya. Namun untuk saat ini mereka cukup yakin platform ini akan menguntungkan jutaan pengguna ponsel di seluruh dunia.